PROFIL PPID PT AVIASI PARIWISATA INDONESIA (PERSERO)

Holding PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau “InJourney” merupakan ekosistem pariwisata multi sektor terlengkap dan terbesar di Asia Tenggara yang memberikan layanan bandar udara dan kargo, destinasi pariwisata, hotel hingga manajemen retail produk serta industry kreatif yang resmi dibentuk pada Oktober 2021.

Sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang juga menjadikannya sebagai Badan Publik, InJourney bekomitmen untuk mengimplementasikan prinsip-prinsip Good Corporate Governance yang salah satunya dengan mengimplementasikan keterbukaan informasi terhadap publik sebagaima yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008.

Seiring dengan berkembangnya struktur dan proses bisnis perusahaan, InJourney secara berkesinambungan juga memulai langkah keterbukaan informasi dengan menyelenggarakan layanan informasi yang ditandai dengan pembentukan Pejabat Pengelola Dokumentasi dan Informasi (PPID) serta membangun sistem pendukung kelancaran layanan mulai dari peraturan hingga media yang efektif dan efisien bagi publik sesuai dengan Standar Layanan Informasi Komisi Informasi Pusat.

InJourney melibatkan seluruh unit kerja di perusahaan untuk bersama-sama membangun penyelenggaraan layanan informasi, termasuk pada seluruh anak perusahaan diantaranya PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, & Ratu Boko, PT Hotel Indonesia Natour, ITDC, dan PT Sarinah yang seluruhnya telah memiliki PPID.

Selanjutnya, selain menyelenggarakan layanan informasi yang didukung oleh unit-unit kerja terkait di internal, PPID Holding InJourney juga akan mendorong peningkatan kualitas layanan PPID di seluruh anak perusahaan dan mendukung program Kementerian BUMN untuk meningkatkan kategori Badan Publik Informatif.